HOME     TUGAS

Thursday, October 1, 2009

Undervolt part 1





Salah satu keluhan bagi pengguna notebook adalah panas yang dihasilkan oleh notebook tersebut. Jika notebook tersebut panas maka notebook tersebut akan menurun kinerjanya. Seperti halnya notebook saya, notebook saya karena kotor, benq s41 saya tiba2 menjadi cepat panas dan tidak seperti dahulu yang kuat dan tahan dengan suhu yang stabil dibawah 70 derajat celcius pada keadaan full load. Maklum notebook saya gunakan seperti pc desktop. Contohnya adalah saya gunakan untuk bermain game-game berat seperti the sims, pro evolution soccer, dan semacamnya. Dan juga tak lupa saya sering mengonvert film-film, dan membutuhkan ke"prima"an suhu notebook. Jadi suhu notebook saya sekarang ini kadang-kadang mencapai 80 derajat ketika full load, dan bahkan bisa sampai mati sendiri akibat kepanasan (hihihi).

Banyak cara untuk menurunkan panas notebook, cara untuk menurunkan panas tersebut adalah dengan cara membersihkan notebook tersebut ataupun juga bisa membeli cooling pad yang bisa menurunkan beberapa derajat suhu namun tidak significant. Namun ketika saya sedang iseng membuka sebuah forum, saya menemukan topik bagus yang layak dibeberkan bagi khalayak ramai. topik tersebut adalah Undervolting. Undervolting ini adalah menurunkan tegangan atau vcore pada proccie Anda. Setiap proccie yang diciptakan produsen memiliki ke stabilan yang berbeda-beda namun proccie tersebut di sama ratakan voltase nya untuk mencapai titik aman. Titik aman tersebut diciptakan untuk penyamaan realiability setiap proccie.Tapi bukannya tidak mungkin kan kalau ada salah satu proccie yang dapat menyentuh level vcore rendah? Dan bahkan itu mungkin proccie yang kita gunakan salah satunya :)

Undervolting ini telah banyak dilakukan oleh orang-orang dan belum (tidak) terbukti menghancurkan h/w yang ada pada notebook tersebut. Undervolting ini kebalikan dengan overclocking, kalau overclocking kita menaikkan clock pada proccie namun undervolting adalah menurunkan voltase pada setiap core. Logikanya semakin kita turunkan maka masa pakai nya akan lama bukan? Sejauh ini saya telah melakukan undervolting dan sementara ini telah menemukan vcore yang tepat bagi proccie. Kondisi terburuk jika kita melakukan undervolting adalah muncul BSOD (BlueScreen Of Death). Nanti akan saya share pada posting undervolting part 2, Jangan sampai terlewatkan.


Bersambung........

No comments:

Post a Comment







©Scidealist 2009