HOME     TUGAS

Thursday, June 17, 2010

Zbrush, Sebuah Program Mematung




Mungkin dahulu kita dapat bilang, memahat atau mematung itu memerlukan tenaga dan keahlian yang lebih karena sulitnya melakukan hal-hal tersebut. Zaman dahulu, hanya manusia-manusia tertentu seperti Michaelangelo Buonarroti yang dianugerahi bakat dan keahlian dibidang seni umumnya dan pada bidang mematung pada khususnya. Namun sekarang tidak hanya manusia-manusia tertentu saja yang dapat berkreasi dengan mematung. Mematung memang hal yang cukup sulit karena kita memerlukan bahan-bahan dan alat-alat khusus. Sekarang hal tersebut merupakan hal yang sangat mudah dengan menggunakan software Zbrush.



ZBrush
adalah merupakan program yang digunakan untuk membuat objek-objek organik. Sculpting atau memahat yang nyaris sempurna dan sangat mudah untuk digunakan adalah salah satu keunggulan dari program ini. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga dapat di kobinasikan dengan program-program lain seperti Photoshop, 3ds max dll. Oleh sebab itu Zbrush sangat diminati para pecinta Computer Graphics.


Zbrush mempunyai fitur-fitur yang unik yang berhubungan dengan memahat dan mematung.
  • 3D Brushes Merupakan brush yang terdapat pada zbrush dengan 30 3D brush untuk sculpting/memahat. Banyak model-model brush yang digunakan, brushnya juga memiliki perbedaan stroke, hardness pada model dan yang lainnya.
  • Polypaint Polypainting digunakan untuk pengguna zbrush untuk mewarnai objek tanpa harus meng-assign texture map.
  • Illustration Merupakan kelebihan zbrush untuk memahat/mematung dalam bidang 2D. Jadi semacam ilustrasi yang muncul pada outputnya.
  • Transpose Mengijinkan user mengisolasi part-part dari model dan mentranspose nya tanpa perlu skeletal rigging.
  • ZSpheres Merupakan fitur yang unik dari Zbrush yang menijinkan user untuk membuat basis awal mesh dengan topologi yang bersih, kemudian merubahnya menjadi model yang sculpt-able.

Sekian penjelasan tentang ZBrush, akan dilanjutkan kemudian :D


No comments:

Post a Comment







©Scidealist 2009