HOME     TUGAS

Saturday, November 7, 2009

Bank Sampah? Tahukah Anda?





Tadi secara tidak sengaja saya menonton acara kick andy, dan membahas tentang film yang diperlombakan pada ict award. Salah satu film yang di bahas disana dan saya suka adalah tentang Bank Sampah? what? APA ITU BANK SAMPAH? Kita nabung sampah? Yak Benar! Bank yang satu ini memang Bank tempat menabung sampah dalam arti yang sebenarnya. Lebih jelas lagi, nasabah menabungkan sampah mereka di Bank tersebut.


Bank Sampah dengan nama Gemah Ripah yang menjadi pelopor Bank Sampah di Indonesia yang didirikan oleh masyarakat Dusun Bandegan, Bantul, DI Yogyakarta.


Pada bank sampah, masyarakat menabung dalam bentuk sampah yang sudah dikelompokkan sesuai jenisnya. Mereka juga mendapatkan sejenis nomor rekening dan buku tabungan. Pada buku tabungan mereka tertera nilai Rupiah dari sampah yang sudah mereka tabung dan memang bisa ditarik dalam bentuk Rupiah (uang). Jadi dari yang saya dengar tadi, bahwa setiap penabung mendapatkan rekening, dan di setiap penabung sampah nanti di kasih kode pada setiap sampah nya, ketika sampah nya sudah di sortir oleh pendaur ulang atau apakah itu saya lupa juga namanya hehe, nanti pensortir akan memberi imbalan kepada bank sampah sesuai nomer rekening yang ada pada sampah tersebut. Selanjutnya hasil penjualan sampah tersebut akan di masukkan ke rekening.

Setiap 3 bulan sekali, tabungan bisa diambil, itu menurut direktur bank sampah nya :)





Bisa kita bayangkan betapa kreatif nya bangsa indonesia, dan juga masih ada orang yg peduli terhadap lingkungan. Kenapa kita tidak bisa mengikuti jejak mereka?

Menurut pendiri bank sampah ini yang juga dosen di suatu universitas, Tujuan mulia nya dia adalah supaya anak-anak kecil dapat rajin menabung sejak dini dan juga membuat sebuah lapangan pekerjaan baru dari bank sampah ini karena akan jadi semakin banyak pensortir yang akan mensortir barang jika bank sampah nya semakin banyak.



Sadarkah kita bahwa dunia kita bisa saja menjadi dunia yang ada pada film WALL-E. Film yang menurut saya menggugah pikiran kita dan seakan "menyentil" pemikiran kita bahwa suatu saat bumi kita dapat depenuhi oleh sampah yang kita hasilkan sendiri.





Mudah-mudah an semua nya menjadi sadar sebelum terlambat. Karena tidak ada kata terlambat untuk semuanya :)

5 comments:

  1. akhirnya ada jg yg msh peduli dng problem ini....THATS RIGHT...

    hijaukan kembali bumi kita....

    mulai dari sekarang, dari diri sendiri, dan dari hal yg kecil...(klo gak salah denger), tapi emang bener.

    jng sampe seperti di film wall-E.

    ReplyDelete
  2. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat sahabat :)

    Mungkin ini bisa menjadi alternatif solusi bagi masalah sampah yang sekarang sedang dihadapi, karena dari artikel sahabat, saya melihat bahwa semua pihak yang terlibat dalam Bank Sampah ini akan diuntungkan.

    Makasih sudah berbagi...

    Sukses Selalu...

    ReplyDelete
  3. @agung
    iya bung agung, benar sekali jarang ada yg peduli ttg masalah ini.. semua peduli hanya dengan pangkat, uang, dan kekuasaan..

    @doddy
    thanks for comment bung doddy :)

    @kesuksesan hidup

    terima kasih comment nya sahabat, mudah2an dengan artikel ini orang2 yg melihat akan tergugah pemikirannya... dimulai dari hal kecil yaitu kita sendiri :)

    ReplyDelete







©Scidealist 2009